Cara Atasi Error Ink Absorber Is Full Canon MP237

Hai sobatku masih ketemu lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar printer. Apakah sobat pengguna Printer Canon MP237 yang mengalai masalah ketika sedang melakukan print tiba-tiba muncul peringatan error P07/E08 pada indikator panelnya padahal sebelumnya baik-baik saja. Tak ada kerusakan driver, hardware, maupun tinta yang kosong. 

Jika sobat mengalami hal serupa ini terjadi karena print countnya sudah habis jadi perlu di lakukan yang namanya Reset. Biasanya ketika error P07 atau E08 terjadi di layar monitor akan muncul pemberitahuan seperti berikut ini :


Solusi Error pada Canon MP237 
Dapatkan Software Canon Service Tool V3400, sobat bisa download di situs internet. (Canon_service_tools_3400). Jika sudah maka lakukan ekstrak pada file tersebut, didalamnya akan ada sebuah file berekstensi .exe. Agar printer Canon MP237 dapat kita reset maka ubah jadi Service Mode terlebih dahulu caranya :
  • Jika printer dalam keadaan nyala, matikan dan jangan cabut kabel listriknya.
  • Lalu tekan dan tahan tombol STOP/RESET, setelah itu tekan tombol POWER (dalam posisi kedua tombol ditekan).
  • Secara perlahan lepas tombol STOP/RESET tanpa melepas tombol POWER.
  • Tekan lagi tombol STOP/RESET sebanyak 6 kali (jika kurang atau kelebihan maka harus mengulanginya dari awal lagi dengan mencabut kabel listrik)
  • Setelah menekan 6 kali, lepas kedua tombol secara bersamaan. Sekarang Printer telah masuk kedalam Service Mode jadi sobat bisa lakukan reset menggunakan aplikasi resetter printer canon yang telah diextract.

Sekarang jalankan aplikasi .exe yang tadi sudah diextract lalu sobat akan mendapati jendela aplikasi Canon Service tool V3400. Selanjutnya :
  • Pilih kategori "Main" pada bagian Absorber clear ink dan klik SET
  • Setelah itu pilih kategori "Main" pada bagian ink absorber counter dan klik SET lagi.
  • Klik EEPROM untuk mengetest hasil dari reset printer ini, setelah ini bisa coba untuk melakukan print pada dokumen yang anda miliki dan seharusnya sekarang Printer canon isa kembali seperti sedia kala 
Mudah kan, semoga saja informasi seputar printer diatas dapat bermanfaat bagi sobat dan bisa menambah wawasan!

No comments:

Post a Comment