Solusi Kode Error Printer Brother (Semua Jenis)

Hai sobatku masih ketemu lagi nih dengan admin yang akan share informasi menarik seputar printer. Nah pada kesempatan ini akan share solusi kode error pada printer broter semua jenis.

Kode Error : 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, 3C, 3F
  • Kertas sudah dikeluarkan tapi masih ada kode error yang muncul pada printer, bisa saja kertas yang  dikeluarkan tadi masih sisa kertas tertinggal. Gunakan senter atau semacamnya lihat dengan teliti pada bagian bawah Head Printer, Roller dan bagian belakang printer. Buka back cover printer lihat dengan senter di sekelilingnya, jika terlihat cabut sisa kertas dengan hati-hati tanpa harus merusak part printer yang ada di dalam. Jika ragu bawa ke service center terdekat karna part printer brother sangat sensitive.
Kode Error : 40, 42, 43, 44
  • Hal seperti ini sering terjadi ketika printer dalam perjalanan (dibawa jalan - jalan) atau posisi printer langsung terkena sengatan cahaya matahari. Agar printer bisa beroperasi lagi buka cover printer dan biarkan beberapa waktu hingga printer sedikit adem (dingin) lalu hidupkan kembali printer
Kode Error : 46
  • Ini terjadi karna pembuangan tinta sudah penuh (Absorber), silahkan coba dengan cara merest ulang kembali printer. Alangkah baiknya jika mengganti Absorber Pad yang berada didalam printer supaya tidak banjir dan tidak sebabkan rusak pada baigan lainnya.
Kode Error : 48, 4F
  • Terjadi pada bagian Head rusak, konslet, tersangkut hingga printer head tidak dapat lagi bergerak. Solusi yang bagus yakni antar langsung ke tempat servisnya atau ke toko komputer terdekat. Asal dari permasalahan ini bisa saja ketika printer tersangut dengan kertas dan di tarik secara paksa, bisa juga karna serpihan kertas yang sudah banyak atau debu yang menempel pada Head printer. Tidak sengaja menggores Head printer atau benda lain yang masuk tanpa diketahui.
Kode Error : 49
  • Ini sangat jarang terjadi karna di negara kita tidak ada cuaca yang sangat dingin (salju turun). Pada umumnya ini muncul terjadi dengan masalah yang berbeda, bisa saja  maintenance unit (paper jam) dan PCB-Motherboard. Masalah ini hanya dapat di tangani pada ahlinya, silahkan bawa ke servisnya langsung.

Kode Error 50, 51, 52, 57, 5A, 5B, 5C, 5D, 5E
  • Sama dengan yang pertama yaitu Paper Jam hanya saja tambahannya terjadi pada bagian Sensor printer, sensor yang rusak atau kotor yang sebabkan printer tidak bisa bekerja secara normal. Coba bersihkan dengan tisu atau kain yang lembut dengan hati - hati untuk menghindari hal ini terjadi lebih baiknya jika printer tidak digunakan tutup dengan kain yang bersih.
Kode Error : 8F
  • Penyebab ini terjadi karna pemakaian yang sudah cukup lama meski jarang terjadi khususnya dalam frekuensi yang tinggi. Jika mendapatkan masalah seperti ini lebih baik langsung bawa ke servis printer, sebenarnya jika printer selalu awet, bersih dan terjaga permasalahan akan selalu terhindari kecuali memang sudah cacat unit.
Kode Error : A5, A6, A7, A8, AF
  • Penyebab masalah ini karna Scanner printer sudah rusak atau konslet, hal ini tidak bisa di perbaiki dan jalan satu - satunya harus mengganti Scanner dengan yang baru.
Kode Error E2, E3
  • Motherboar yang rusak karna konlset masalah lain terjadi pada PCB printer, hati - hati dengan hewan kecil yang sering nongkrong pada printer seperti cicak, kecoa, semut dll. Salah satu penyebab yang membuat Motherboar printer kamu konslet. Usahakan printer di tempatkan pada ruangan yang bersih, kebanyakkan jika rusak pada motherboard hanya diganti aja obatnya.
Oke sobat semoga sajian informasi diatas bermanfaat bagi sobat dirumah ya!

No comments:

Post a Comment