Cara Atasi Error E6 dan E16 Pada Printer Canon MG2270

Apakah sobat dirumah memiliki Printer Canon MG2270 dan pernahkan mengalami masalah error printer dengan kode error E6 dan E16? Nah sebelum sobat cari tau mengatasi kode error tersebut maka ini sedikit penjelasan mengenai Error E6 dan E16.



Error E6
Indikasi awal error saat printer mulai dinyalakan dengan muncul indikator kode E6 dan tidak bisa dipakai untuk mencetak maupun fotocopy.

Cara Mengatasi
  • Sobat bisa mereset langsung pada printer, setelah printer cnon dinyalakan maka tekan tahan tombol stop/reset+black+color secara bersamaan. Tindakan ini dilakukan berkali-kali hingga indikator error E6 di LCD hilang.
Error E16
Indikasi muncul saat printer mendeteksi level tinta di cartridge hitam atau color dianggap habis. Dimana sangat sering terjadi saat kita telah mengisi  tinta (tinta cartridge penuh) namun indikator tinta tetap dianggap kosong. Seperti halnya juga bila printer diinfus, level tinta dianggap kosong. Jadi sebenarnya produsen tinta mendesain printer agar setelah tinta habis segera ganti cartridge baru.

Cara Mengatasi
  • Di layar sudah ada petunjuknya yaitu dengan menekan tombol stop/reset selama kurang lebih 10 – 15 detik. Jika setelah itu masih kedip juga maka tekan tombol stop/reset lagi selama 10 – 15 detik.
Apabila sobat mengalami error E6 dan E16 di Printer Canon MG2270, silahkan ikuit cara diatas dan apabila tidak berhasil maka bisa memanggil teknisi printer yang lebih ahli. Semoga bermanfaat ya!

1 comment:

Post a Comment