Tips Memilih Tinta Untuk Printer Ink Jet

Hai sobat madih jumpa lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar tips printer untuk sobat. Tinta printer memang menjadi salah satu yang terpenting dalam printer, dalam memilih tinta pun tidak boleh sembarangan karena bisa mempengaruhi kualitas cetakan. 

Pada dasarnya Tinta Printer yang baik tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental namun akan sangat rumit menentukan kekentalan atau keenceran yang baik. Tinta yang terlalu kental bisa beresiko terhadap Head Printer yang bisa menimbulkan penyumbatan pada bagian Nozzle. Dan apabila tinta  terlalu encer bisa mengakibatkan Printer jadi berlumuran tint yang beresiko terhadap kerusakan Printer, korseletting listrik dan sebagainya. Berikut ini beberapa tips memilih tinta untuk Printer Ink Jet :


  • Saat menggunakan tinta, carilah Printer Ink yang ada brandnya karena tinta yang seperti itu sudah bisa dijamin dan sudah bisa dipastikan karena  melalui tahap uji coba pemakaian pada printer atau bisa dikatakan ada pertanggung jawaban terhadap setiap brand. Selain itu, disarankan juga agar memakai tinta yang sesuai dengan merek Printer yang dipakai, misalny Printer Epson maka tintanya juga harus merk Epson.
  • Harga yang mahal juga tidak menjamin kualitas tinta dan sebaliknya harga murah pun belum tinta jelek kualitasnya. Maka dari itu carilah referensi terlebih dulu sebelum membeli tinta atau memilih tinta. 
  • Umumnya Tinta seperti ini memiliki bau alkohol yang sangat menyengat, dalam hal ini kandungan Alkoholnya sangatlah tinggi. Jadi sebaiknya saat menemukan kodisi tinta seperti itu, disarankan tidak menggunakannya.
  • Dan umumnya tinta yang baik adalah tinta yang memiliki kadar PH Balance, kita bisa mengetahuinya melalui tulisan yang ada pada kemasan
  • Ketika memilih tinta, sebaiknya mengocok terlebih dahulu setiap kemasan yang dipilih. Bila menemukan dua buah Merek yang berbeda, ambil keduanya kemudian kocok bersamaan. Pilihlah tinta tang jika dikocok buihnya cepat hilang, biasanya berdasarkan pengalaman sangat baik jika kita lihat dari segi kualitas gambar yang di hasilkan nantinya.
Semoga tips memilih tinta yang baik untuk printer diatas bermanfaat bagi sobat dan bisa menambah wawasan ya!

No comments:

Post a Comment