Cara Atasi Error P02 Printer Canon E500

Printer Canon E500 merupakan printer multifungsi yang memiliki banyak keunggulan seperti scan foto atau dokumen, cetak dokumen (foto copy), printing dan lain-lain. Sama versi-versi sebelumnya printer ini juga mengalami error dengan kode-kode tertentu sesuai dengan jenis kerusakannya.  


Seperti halnya Error P02 pada Printer Canon E500 ini dikarenakan Carriage (rumah cartridge) mengalami masalah. Carriage adalah tempat duduk (menempatkan cartridge) yang menghubungkan cartridge ke mainboard printer. 
  • Carilah benda asing yang menghambat roller berputar dan menarik kertas. Posisikan printer terbalik dan goyangkan. Sebagai catatan, cartridge harus dilepas dan jika benda berukuran sedang maka cara ini boleh dilakukan. Namun jika benda itu terlanjur terkunci dan terjepit pada bagian depan roller akan sedikit sulit maka yang harus dilakukan adalah bongkarlah printer untuk mengambil kertas, cutter, penutup suntikan tinta atau benda asing lainnya.
  • Cek dan bersihkan encodenya. Encoder merupakan kabel atau pita transparan yang melintang dari sisi kanan ke kiri pada printer, letaknya melewati carriage printer. Jika error ini terjadi pastikan encoder bersih dari cipratan tinta. 
Mudah kan, semoga informasi cara mengatasi error P02 pada Printer Canon E500 diatas dapat bermanfaat bagi sobat dan bisa menambah wawasan!

No comments:

Post a Comment