Cara Mengatasi Paper Jam Pada Printer



Buat sobat yang punya printer dirumah pastinya pernah mengalami masalah ketika akan mencetak menggunakan printer. Salah satu penyebab masalah itu ialah kertas tersangkut didalam printer atau biasa disebut paper jam. Pastinya ini sangat menganggu dan menyita waktu dalam pencetakan.

Untuk itu sobat perlu mengetahui penyebab terjadinya paper jammed ini agar ketika sobat menggunakan printer tidak terulang kembali.

* Kertas yang terlalu banyak pada paper tray menjadi penyebab utama terjadinya paper jammed, untuk itu setiap pengguna printer ada baiknya tak memasukan kertas terlalu banyak dan sebaiknya seperlunya
  Pastikan juga ketika hendak memasukkan kertas kedalam paper tray, kertas tidak menempel satu sama lain, karena biasanya terjadi saat kertas baru dibuka dari kemasan. Kertas yang terlipat juga bisa tersangkut.

* Tidak semua kertas dapat dipakai pada printer, kertas yang terlalu tebal hanya dapat digunakan oleh merek dan jenis printer tertentu. Untuk itu baca buku manual printer dan cari tahu kertas jenis apa saja yang dapat dipakai pada printer tersebut.

* Kebersihan printer juga jadi penyebab paper jammed. Khusus bagi printer ink jet, setelah semua sambungan ke printer dilepas. perlahan bukalah printer dan bersihkan bagian dalamnya. Cermati roda maupun gir yang ada didalam dan cobalsh bersihkan memakai kain lembut dan blower, atau jika perlu alkohol juga dapat dipakai untuk lebih menjamin kebersihan printer.
  Bila sobat ragu melakukan langkah ini, sebaiknya ajaklah teman yang lebih mengerti, jangan malah terjadi kerusakan yang lebih parah pada printer.

* Bila telah menjalankan langkah-langkah diatas namun masih terjadi paper jammed, sebaiknya bawa printer ke tempat service printer karena mungkin saja ada komponen yang rusak.

No comments:

Post a Comment