Cara Mencetak / Print Melalui WiFi


Masih di printeroid.blogspot.com Kali ini admin akan share mengenai mencetak dengan melalui jaringan WiFi. Pastinya sobat juga pernah mendengar atau bahkan tau mencetak dengan WiFi, bagi yang belum tau mungkin info ini sangat bermanfaat.

Tentu saja berguna untuk printer nirkabel. Jadi, sekarang ini ketika sobat hendak membeli printer, sobat akan mendapati hampir semua printer akan mendukung cetak melalui WiFi. Untuk lebih lanjutnya, berikut ini cara mencetak dengan jaringan WiFi :

* Mencetak melalui WiFi dengan Jaringan WiFi

Printer standar WiFi pada umumnya ialah printer standar yang sama seperti printer USB, tetapi tak memakai kabel USB.

Printer yang mendukung untuk mencetak melalui WiFi bisa terhubung ke jaringan WiFi sobat, agar bisa terdeteksi oleh komputer atau device lainnya. Komputer yang ada pada jaringan tersebut dapat melakukan pencetakan melalui WiFi, cara ini jadi cara mudah untuk berbagi printer dengan banyak komputer.

Meski begitu, proses ini cukup sulit karena sobat masih harus menginstal driver printer yang pas sebelum bisa mencetak dokumen. Ini bisa jadi masalah, misalnya ingin mencetak melaui WiFi dengan iPhone, Android, atau iPad bagaimanakah caranya? lihat dibawah ini!


* Mencetak melalui WiFi dengan Google Cloud Print

Dari pertanyaan diatas tadi, sobat bisa menggunakan Google Cloud Print. Sobat bisa gunakan printer yang mendukung Google Cloud Print, menghubungkannya ke jaringan WiFi, memanfaatkan akun Google sobat, dan kemudian bisa berkomunikasi dengan device lainnya melalui Internet.

Sekarang sobat bisa mencetak melalui WiFi via Google Cloud Print dari device apapun, dengan cara masuk ke akun Google sobat. Google Cloud Print menyuguhkan inegrasi dengan Android dan Chrome, begitu juga untuk aplikasi iOS dari Apple dan inegrasi sistem printer standar Windows. Ketika mencetak melalui WiFi via printer Google Cloud Print, dokumen akan dikirimkan melalui Internet ke server Google, kemudian diteruskan ke printer sobat.

Sobat harus melakukan konfigurasi / pengaturan lebih lanjut dengan Google Cloud Print sebelum memakainya, seperti print melalui Internet tanpa harus mengutak-atik port forward atau membagikan printer sobat dengan orang lain melalui akun Google mereka.

Tak seperti AirPrint yang dibuat oleh Apple, Google Cloud Print tersedia bagi hampir semua sistem operasi (OS). Sobat bisa gunakan konektor Google Cloud Print untuk membuat printer berfungsi seperti printer yang mendukung Google Cloud Print.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ........................

No comments:

Post a Comment