Cara Mengatasi Paper Jam Printer Epson L3110

                                       

 Oke Sobat kali ini mimin bakal bagi bagi ilmu lagi nih....sekarang mimin mau bagi tips tentang Cara Mengatasi Paper Jam pada Printer Epson L3110 L1110 L3150 nih.... Semoga Bermanfaat.

Cara Mengatasi Paper Jam Printer Epson L3110 L1110 L3150 yang merupakan produk Epson Terbaru/seri ECO Tank . Mimin menulis ini dari pengalaman teknis teknisi yang menangani servis, dan juga rekanan-rekanan mimin yang request sparepart untuk kerusakan pada printer L3110 L1110 L3150 terbaru ini.

Cara Mengatasi Paper Jam Printer Epson L3110 L1110 L3150 ada beberapa cara, tergantung kerusakan terjadi pada bagian mana dahulu, berikut kita sampaikan kerusakan serta cara mengatasi kerusakan printer tersebut diatas :

  1. Jalur kertas tertutupi beda tertentu, misalnya bolpoint, pensil, steples, uang coin dan lainya. Benda kecil ukuran 2 mm juga sudah cukup untuk mengakibatkan paper jam. Solusinya : bongkar dahulu printernya, cek apakah ada benda-benda yang mengganggu jalur kertas.
  2. ASF Roller penarik kertas sudah aus pada karetnya, hal ini dikarenakan pemakaian printer sudah lama atau diatas satu tahun, bisa juga karena pemakaian printer yang sudah banyak, misalnya sudah cetak 4 rim (2000 lembar). Solusinya : ganti ASF roller yang baru.
  3. ASF Roller kertas mengunci saat menarik kertas, hal ini diakibatkan oleh roller yang sudah rusak bahkan patah pada bagian tertetntu. Bahkan kerusakan terparahnya mampu mengunci pergerakan motor penggulung kertas (paper feed) yang mengakibatkan general error. Solusinya : ganti ASF yang baru.
  4. Gigi gear ASF Roller rusak atau patah pada beberapa giginya, biasanya kerusakan seperti ini lebih karena kesalahan pemakian dan pemakaian printer yang sangat banyak untuk mencetak. Salah satu kesalahan pemakian yang fatal adalah menarik kertas keatas dengan keras dan kuat, ketika printer gagal menarik kertas (kertas sudah masuk separuh misalnya). Yang benar adalah menarik kebawah (dari depan printer), misalnya sangat terpaksa menarik kertas keatas lakukanlah dengan pelan-pelan dan hati-hati. Solusinya : ganti gigi gear ASF yang baru yang sesuai serinya, karena gear ini tidak cocok dengan seri-seri pendahulunya contoh L310 L210 L360 L220 dll.

Demikian Cara Mengatasi Paper Jam Printer Epson L3110 L1110 L3150 yang dapat mimin sampaikan, kasus diatas merupakan kasus yang paling umum terjadi. Ada dua tiga kerusakan lagi yang dapat mengakibatkan paper jam walaupun saat ini agak jarang terjadi :

  1. Motor penggulung kertas (PF Paper Feed) rusak
  2. Sensor kertas rusak pada bagian mainboard
  3. Mainboard rusak, biasanya kasus paper jam yang diakibatkan oleh mainboard yang rusak akan cukup sulit dilakukan perbaikan/servis. Solusi terahir adalah ganti mainboard baru.

Semoga Bermanfaat~

4 comments:

Tech Help Search said...

I truly like to reading your post. Thank you so much for taking the time to share such a nice information. A Guide To Change Taskbar Color In Windows 10

Tech Blogs said...

Thanks for sharing this blog . Its very helpful for all. Share Documents In Easy Way: Google Docs, Sheets, And Slides

Blog Soft Web said...

Thanks for sharing this wonderful article, Its very informative. Fix the Error Codes 860 and 6004 on Canon Printer

Go Build Site said...

I have been looking for a blog like this from over an hour but finally this is something totally worth it Please visit here Ten Useful Visual Studio (VS) Code Extensions for Web Developers

Post a Comment