Cara Atasi Blink Pada Printer HP Deskjet

Apakah sobat dirumah memiliki printer HP Deskjet yang pernah mengalami indikator blink pada lampu power? Jika iya, bagi yang mengenal seluk beluk printer pasti tau kenapa namun bagi yang tak mengerti tentu akan bingung.

Jika terjadi indikator blink pada lampu power itu dikarenakan catridge rusak. Lakukan pengecekan pada cartridge, berikut caranya :
1. Lepas salah satu cartridge printer HP Deskjet, misal cartridge warna dulu yang dilepas.
2. Nyalakan printer HP Deskjet
3. Amati lampu indikator powernya jika Printer HP Deskjet 2566, 3535, 3420, 3920, 2466, masih blinking berarti cartridge hitam rusak.
4. Namun jika lampu indikator power nyala penuh, berarti cartridge hitam printer HP Deskjet bagus / baik.
5. Lepas Cartridge Hitam dan ganti dengan cartridge warna saja yang dipasang.
6. Nyalakan printer HP Deskjet
7. Amati lampu indikator powernya kalo Printer HP Deskjet 2566, 3535, 3420, 3920, 2466, masih blinking berarti cartridge warna rusak.
8. Bila lampu indikator power nyala penuh, berarti cartridge warna printer HP Deskjet bagus / baik.

Untuk lebih lanjut, coba bersihkan pin cartidge dengan penghapus pensil atau bisa dengan contact cleaner dan mencoba lagi untuk memastikan rusak tidaknya cartridge. Jika memang sudah tidak bisa dipakai lagi, sebaiknya beli yang baru.

Jika lampu powernya normal tapi indikator catridge blink semua( kedip-kedip) dan printer tak bisa buat print / macet (rumah catridge tidak mau bergerak), itu dipastikan sensornya yang rusak. Sensor terletak dibelakang rumah catridge, bentuknya panjang, terbuat seperti mika bening ada garis kecilnya (banget) jika garis kecil tersebut hilang, dipastikan printer tidak akan bisa buat mencetak (macet),
Cara mengatasinya sebagai berikut:
- periksa terlebih dahulu sensornya, apakah kotor terkena tinta atau tidak,
- Jika kotor coba bersihkan.
- Jika tetep tidak bisa, coba ganti dengan sessor yang baru atau bisa ambil di printer Hp yang sudah tidak dipakai.

Mudah kan, semoga bermanfaat ya ........

No comments:

Post a Comment