Cara Mencetak Dokumen Langsung Dari iPhone


Semakin berkembang teknologi maka semakin banyak kecanggihan dalam perangkat elektronik seperti ponsel. Seperti halnya ponsel dari apple yakni iPhone.

Untuk mencetak dokumen yang ada pada iPhone tak perlu memindahkan file ke laptop atau PC namun sobat bisa langsung mencetaknya pada printer karena Apple memang telah memberikan fitur yang bernama AirPrint.

Langsung saja berikut cara mencetak dokumen pada iPhone atau iPad dengan mengikuti syarat serta langkah berikut ini :

1. OS/ sistem operasi pada iPhone dan iPad sudah diupdate ke OS paling terkini atau terbaru
Cek lewat Setting --> General --> Software update (lakukan update jika belum)

2. Tak semua file bisa dicetak, kecuali dari aplikasi-aplikasi yang mendukung.
Cara mengetahui aplikasi yang memiliki kemampuan print file yakni Cek pada aplikasi tersebut apakah ada fitur share yang digambarkan dengan ikon di bawah --> lalu klik ikon ini --> apakah ada opsi print.

3. Untuk melakukan mencetak, hanya printer yang mendukung AirPrint
Tak semua printer yang ada di pasaran memiliki spesifikasi AirPrint. Biasanya pihak vendor telah mendaftarkan produknya supaya kompatibel dengan Airprint-nya Apple dan untuk itu perlu mengupdate software (driver) printer tersebut ke versi yang paling baru untuk memastikan kompatibiltas tersebut.  Cek http://support.apple.com/kb/ht4356.

4. Terkoneksi dengan jaringan WiFi yang sama dengan printer.
Printer yang mendukung fungsi Airprint sudah dipastikan memiliki koneksi WiFi. Pastikan baik printer maupun iPhone berada di satu jaringan WiFi yang sama.

Mudah kan? Silahkan sobat coba sendiri pada iPhone atau iPad sobat .......

No comments:

Post a Comment