Cara Mengatasi Blink Pada Printer HP Deskjet


Hai sobat, masih ketemu lagi nih dengan admin yang akan senantiasa share infromasi menarik speutar printer. Perlu di ketahui bahwa Printer Hp Seri Deskjet memiliki kesamaan yakni Printer HP Deskjet bisa menggunakan Single Cartridge atau Double Cartridge, jadi misalkan ada salah satu cartridge yang rusak kita masih dapat mencetak dengan satu cartridge saja, tidak seperti printer merek lain yang harus gunakan kedua cartridge nya.

Printer HP Deskjet terkadang memang mengalami eror atau blink (berkedip) pada lampu indikatornya, baik indikator cartridge maupun indikator power. Jika sudah blink maka printer tidak bisa di gunakan untuk mencetak, tapi jangan khawatir karena admin akan berikan cara atasi Blink pada printer HP deskjet. Cara ini hampir bisa pada semua printer HP seri deskjet misal HP Deskjet D2566, 3535, 3420, 3920, 2466, D2666, karena sistemnya hampir sama.

Jika yang Blink atau berkedip lampu indikator powernya maka dipastikan ada salah satu cartridge yang rusak atau tidak terdeteksi, nah cara mengeceknya begini :
- Lepas salah satu cartridge printernya, misalkan yang hitam dulu
- Nyalakan printer HP Deskjet dan tutup covernya
- Perhatikan lampu power indikatornya, jika lampu nyala penuh atau tidak blink maka cartridge yang terpasang (cartridge warna ) masih normal.
- Ulangi cara diatas dengan melepas cartridge warna dan pasang yang hitamnya
- Nyalakan printernya
- Perhatikan Lampu indikator power, bila berkedip maka dipastikan Cartridge Hitam troble atau tidak terdeteksi.
- Intinya jika dipasang salah satu cartridge dan lampu indikatornya tidak blink maka cartridge yang terpasang masih bagus, namun jika lampu indikator  blink berati cartridge nya rusak (tidak terdeteksi)
- Bersihkan Pin Cartridge yang rusak dengan penghapus pensil atau tisu diberi cairan pembersih (contact cleaner) dan coba pasang kembali cartridgenya.

** Bila lampu indikator powernya normal (tidak berkedip), tapi lampu indikator tinta/Cartridge yang berkedip maka kemungkinan yang rusaksensornya, sensor ini terletak di belakang rumah Cartridge. Bentuk persegi panjang dari ujung kanan hingga ujung kiri terbuat dari bahan seperti mika, ada garis kecil-kecil sekali. Biasanya Sensor rusak akibat terkena cipratan tinta yang membuat garis-garis nya tidak terlihat/tidak terbaca atau terkadang garis-garisnya bisa hilang jika umur printer sudah terlalu tua dan ini menyebabkan printer blink tidak bisa mencetak sama sekali. Solusinya:

- Periksa dulu sensornya, kotor karena tinta atau tidak
- Bersihkan sensor dengan contact cleaner memakai tisu (hati-hati dalam membersihkan)
- Coba nyalakan kembali
- Jika masih tidak bisa, ganti sensor dengan yang baru atau bisa dengan kanibalan dari printer HP Deskjet yang lain.

Oke sobat, semoga informasi cara mengatasi blink pada printer Hp Deskjet diatas dapat bermanfaat!

6 comments:

Unknown said...

Thank U Info nya gan.. tadi ane perbaiki printer HP F 2276, yg ngeblink.. dan ane coba bersihin pita yg di belakang cartridge, dan berhasil gan..

vian-jaringan.blogspot.com said...

kalo printer tidak terdeteksi di komputer gimana caranya gan???

Unknown said...

MASALAH INCOMPOTABLE CATRIDEGES

Unknown said...

punyaku mrek hp deskjet 2135 tapi lampu tinta dan lampu kertas nya berkedip kedip cepa dn terus menerus... gimana ?

Unknown said...

Tanda seru pada printer diskjet 1515 terus berkedip
Solusi nya apa???

Unknown said...

Cartridge hitam tidak terbaca gimana solusinya printer hp deskjet 1112

Post a Comment