Cara Menangani Hasil Print Berbayang Pada Printer Laser





Siang sobatku, jumpa lagi dengan admin yang akan kembali share informasi menarik seputar printer. Bila sobat pernah mengalami dimana cetakan pada halaman kertas ada garis-garis hitam atau kadang berbayang, hal ini dikarenakan beberapa penyebab. Biasanya banyak disebabkan karena adanya benda asing yang menempel pada scanner atau kaca pemantul. Namun bila masalah tidak berada pada kaca pemantul, bisa jadi berada pada unit imaging.
 

Solusi:
Bila menemui permasalahan seperti ini, disarankan untuk mengganti cartridge printer laserjet dengan catridge atau toner yang sekiranya masih baik. Tapi jika gunakan system multi-komponen (Drum, Dr.Blade, Wiper Blade, PCR yang masing-masing unit terpisah) ini bisa jadi rumit. Namun, dalam masalah adanya garis hitam atau berbayang pada halaman cetak biasanya dikarenakan ini :
  • Drum yang sudah rusak/tua dan perlu diganti Drum yang baru atau dari kanibalan cartridge yang tidak dipakai atau masih layak. Terlihat pada gambar diatas terdapat gambar Drum yg baru dengan warna yg berbeda, untuk gambar c1 dan gambar c2 biasanya terdapat di vendor tempat kita refill toner.
  • Dr.Blade biasanya ada bekas toner yang menempel di sepanjang karet (Dr.Blade) hendaknya dibersihkan dengan air perlahan-lahan karena karet dari Dr.Blade sangat rentan karena tipis (untuk hal seperti ini harus diserahkan kepada ahli service cartridge guna memungkinkan salah dalam cara pembersihan atau penggantiannya) atau bisa diganti Dr. Blade baru atau dari kanibalan cartridge yang tidak dipakai atau masih layak.
  • Wiper Blade biasanya di sepanjang karet ada garis kecil bekas toner kering hendaknya dibersihkan dengan air perlahan-lahan dan jika ada karet yang terpotong kecil baiknya menggantinya dengan Wiper Blade yang baru atau dari kanibalan cartridge yang tak dipakai atau masih layak (untuk hal seperti ini harus diserahkan kepada ahli service cartridge untuk memungkinkan salah dalam cara pembersihan atau penggantiannya).
  • PCR (pengembang) biasanya terdapat garis melingkar atau bergelombang di sepanjang PCR.
Nah jika sudah mengetahui penyebabnya, jangan ragu untuk selalu menjaga kebersihan printer ya  sob!

No comments:

Post a Comment