Tips Mengatasi Printer Untuk Hasil Cetak Pas Ditengah

Pernah mengalami kesulitan ketika akan mencetak di kertas label, biasanya selalu bergeser ke atas/ke bawah. Ada juga yang memakai cara manual untuk membuatnya pas, tapi tentu  akan  lama bukan.

Seringkali ketika membuat label barcode dengan software Bartender 9.20 Ultralite dan printer TSC TTP-244 Plus atau bisa juga untuk type POSTEK C-168 hasilnya selalu kurang pas di tengah-tengah label, padahal sensor sudah di setting sesuai jenis labelnya yaitu GAP maupun BLACK MARKS.

Nah ini ada salah satu cara agar label yang dibuat dengan software Bartender 9.20 Ultralite bisa pas di tengah-tengah label ketika mencetak :

- Setelah selesai mendesain kode barcode, cetak hasilnya menggunakan printer TSC


- Jika muncul jendela PRINT >> klik tombol DOCUMENT PROPERTIES.


- Setelah jendela TSC TTP-244 Plus Printing Prefences terbuka >> klik tab STOCK, Sebagai contoh disini admin gunakan label berukuran 32 x 18 mm (satu baris terdiri dari 3 kolom label) tanpa GAP (untuk ukuran label lainnya bisa disesuaikan dengan label yang digunakan).


Kemudian set sebagai berikut : Method : Thermal Transfer (jika memakai ribbon) Type : Labels With Marks (jika dibalik label ada garis hitam) Mark Height : 0.06 in (tinggi dari mark adalah 3 mm = 0.12 in jadi untuk satu kolom = 0.06in) Post Print-Action : Tear Off Vertical Ofset: 0.20 in (untuk label ukuran 32 x 18 mm biasanya sekitar 0.10 – 0.25 in) klik tombol APPLY dan OK untuk kembali ke jendela PRINT
- Masukkan berapa banyak label yang akan di print pada kolom IDENTICAL COPIES OF LABEL. Admin coba memasukkan 15 copy, jumlah ini akan mengeprint sebanyak 5 baris, karena satu baris terdiri dari 3 kolom label >> kemudian tekan tombol print untuk memulai mencetak label barcode ke printer TSC TTP-244 plus.


- Bila ternyata kode barcode yang di cetak masih tidak tepat ditengah-tengah label sebaiknya ulangi langkah nomer 3 dengan mengubah nilai VERTICAL OFFSET antara 0.10 in sampai 0.25 in, tapi bisa juga lebih kecil atau besar dari nilai tersebut tergantung dari besar kecilnya label yang dipakai

Gimana, sobat mau  mencoba? Silahkan dicoba dan semoga berhasil ya!

No comments:

Post a Comment