Mengenali Kerusakan-Kerusakan Pada Printer Laser

Siang sobat printeroid.blogspot.com, masih ketemu lagi dengan admin yang akan kembali share informasi seputar printer. Apakah sobat memiliki printer dirumah dan sering mengalami kerusakan pada printer atau kendala hasil mencetak printer laser tidak sempurna?

Misalnya ada berak titik besar atau kecil pada hasil cetak, muncul garis horisontal atau vertikal, hasil cetak hanya separuh atau ada yang kosong. Bila itu terjadi pada printer laser sobat maka sebaiknya jangan buru-buru memutuskan untuk membawa ke servis printer atau komputer. Mungkin saja kerusakan masih bisa diperbaiki sendiri di rumah.

Hanya menggunakan alat sederhana dan panduan artikel maka sobat akan belajar untuk mengatasi masalah kerusakan pada printer dan solusinya jika hasil cetak yang tak sempurna pada printer laser. Contohnya, admin akan gunakan printer HP laserjet P1102 yang cukup banyak dimiliki baik pribadi maupun perkantoran.

Persiapkan beberapa alat yang dibutuhkan seperti obeng plus-minus, tang cucut/lancip, kain halus atau tisu. Lalu sobat identifikasi kerusakan mulai dari beberapa indikasi kerusakan hasil cetak seperti:
  • Jika ada titik kecil atau besar yang selalu muncul dengan jarak 10-15 cm ke bawah pada hasil cetak, kerusakan terletak pada OPC drum yang mungkin ada kotoran melekat. Perbaiki dengan cara buka dan lepas OPC drum dan bersihkan memakai kain halus atau tisu. Membukanya memakai obeng dengan melepas pin pengunci Drum, jika sudah bersih dan tak ada noda hitam menempel maka pasang kembali OPC Drumnya.
  • Ada garis hitam lurus kebawah. Kerusakan ini terjadi pada Wipper Blade yang sobek atau tergores sehingga tak mampu menyapu sisa toner yang menempel pada Drum. Perbaiki dengan membuka bagian catridge jadi 2 bagian yaitu sisi bagian toner dan sisi bagian sampah toner. Wiper Blade ada pada bagian sampah berfungsi menyapu sampah dan penutup sekat sampah pada catridge. Ganti dengan yang baru bila memang wipper Blade lecet, sobek atau tergores.
  • Muncul garis hitam melintang pada hasil cetak di kertas. Kerusakan terletak pada doctor Blade atau magnet roller. Buka catridge dengan cara seperti yang sama dengan nomor 2 di atas, lihat dan cek pada bagian magnet yang berbentuk tabung kecil berwarna hitam serta sekat toner atau Doctor Blade, biasanya karena sudah tidak kencang. Karet sekat akan tidak maksimal dan mengatur banyak sedikitnya toner yang akan digunakan untuk mencetak sehingga jika terlalu banyak yang dikeluarkan akan membuat garis hitam melintang karena tidak tersapu oleh Wipper Blade.
Nah artikel diatas merupakan tips bagaiman mengenali kerusakan-kerusakan pada printer laser, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ya!

No comments:

Post a Comment