Tips Atasi Printer Epson L110 Padam


Hai sobatku, jumpa lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar printer. Printer epson L110 adalah printer keluaran 2013 sebagai pengganti printer epson L100 yang sudah tidak diproduksi lagi. Printer ini miliki kecepatan cetak  yang cepat yaitu 2 kali dari kinerja epson L100. Sama seperti printer jenis lainnya, printer epson L110 juga sering alami masalah dikarenakan kondisi mainboardnya seperti dioda pada printer yang sering hangus terbakar sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik atau tidak bisa digunakan lagi.

Bila terjadi korslet dioda pada mainboard memang cenderung rusak sehingga menyebabkan tegangan listrik tidak bisa mengalir. Nah cara memperbaiki Printer Epson L110 mati total adalah :

  • Mengecek kerusakan pada diodanya, mendeteksi dioda rusak atau tidak yakni menggunakan multi tester dengan memindahkan posisi selektor ke posisi yang bergambar simbol dioda untuk avo meter digital dan untuk avo meter analog, posisi selector pada ohm meter. Setelah itu diukur diodanya dengan cara jarum hitam ke kaki katoda dan jarum merah ke kaki anda. Bila saat diukur nilainya 000 atau 001 berarti dioda memang sudah rusak. Tapi bila hanya salah satunya maka dioda masih bagus. Untuk mengatasinya hanya perlu menggati dioda dengan yang baru, jika tidak temukan dioda tersebut bisa menganibal dari printer-printer yang lain karena semua tipe epson umumnya miliki dioda yang sama.
Kerusakan dioda pada printer memang hanya umumnya pada dioda kecil sehingga memperbaikinyapun mudah saja. Namun meski cukup mudah, harus dilakukan hati-hati agar tidak sebabkan printer semakin rusak. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan bagi sobat ya!

No comments:

Post a Comment