Tips Refill Cartridge Baik Dan Benar


Mengisi tinta printer memang terlihat mudah tapi cukup sulit saat melakukannya sendiri. Jika tidak berpengalaman bisa-bisa salah dalam mengisi tinta warnya atau kebalik. Jika pertama kali mengisi tinta warna maka pasti akan menyuntikkan warna biru di lubang sebelah kiri, merah di lubang tengah, dan kuning di lubang kanan mengikuti gambar tersebut. Padahal urutan yang benar adalah kuning di lubang sebelah kiri, merah di tengah, dan biru di kanan. Jadi warna merah sudah tepat ditengah sesuai gambar sedangkan dua warna lainnya adalah kebalikan.
 
Cartridge warna untuk printer Canon tidak memiliki penunjuk warna seperti cartridge warna printer HP. Jadi bagaimana cara menyuntik warna merah, kuning, dan biru? Sobat bisa coba buka label yang ada maka akan terlihat tiga bulatan kecil yang menunjukkan tempat tinta warna. Sobat bisa gunakan paku atau alat yang lebih baik misalnya bor besi untuk melubanginya.  
  • Setelah lubang selesai dibuat, ambillah selembar tissue kemudian lipat
  • Pegang cartridge menggunakan satu tangan dengan arah yang sesuai seperti saat cartridge terpasang di printer, kemudian usap bagian bawah cartdrige (mulut semprot) menggunakan tangan satunya. 
  • Warna biru, merah, dan kuning akan terlihat. Urutan warna pada usapan tissue tersebut adalah urutan yang sama dengan lubang warna pada cartdridge.
  • Isi tinta pada lubang yang tersedia dengan melihat urutan warna pada tissue.
Kesimpulannya, cara paling mudah menentukan lubang warna merah, biru, dan kuning pada cartridge warna printer HP dan Canon yakni mengusap nozel cartridge memakai tissue lalu lihat posisi warna nya seperti pada gambar di atas. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur salah menyuntikkan warna? Jangan langsung menggantu cartridge baru tapi lakukan :
  • Ambil tissue, tempelkan pada nozel cartridge atau letakkan nozel cartridge di atas tissue yang dilipat. Tujuannya agar tinta terserap semua. Lakukan hingga tinta benar-benar habis.
  • Isi kembali tinta warna dengan cara yang benar.
  • Lakukan penyetakan (print out). Hasil cetakan pada awalnya mungkin tidak akan sesuai tetapi lama-kelamaan pasti normal kembali.

No comments:

Post a Comment