Cara Mengatasi Printer Epson L110 Yang Menarik Banyak Kertas


Siang sobatku masih ketemu lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar printer. Pernahkan sobat mengalami masalah pada printer L110 ketika akan mencetak namun kertas yang di tarik  lebih dari satu, bahkan terkadang di atas lima lembar sekali tarik kertas. Tentu ini sangat mengganggu bukan?

Nah berdasarkan pengalaman, ternyata penyebabnya hanya pada Ruller atau biasa dikenal dengan penarik kertasnya, kerusakan yang terjadi pada ruller tersebut biasanya ditemui jika memang printer sudah berumur dan sudah banyak mencetak kertas.

Apakah ruller tersebut harus diganti dengan yang baru? Sebenarnya tidak juga karena sobat bisa mengakalinya dengan dua tahap ini.
 
Membongkar Printer 
Untuk mengganti atau memperbaiki printer tersebut, terlebih dulu harus membongkar printer yang bersangkutan.
  • Untuk langkah awal, silahkan angkat Printer Cover, akan ada dua buah sekrup silahkan dilepas kedua baut tersebut.
  • Selanjutnya akan menemukan pengait atau penjepit tepat pada bagian samping printer dan di bawah printer, tekan beberapa pengait tersebut sehingga Cassing Printer bisa terbuka secara keseluruhan.
Memperbaiki Ruller
  • Saatnya masuk ke bagian inti yaitu memperbaiki bagian Rullernya, pertama-tama memperbaiki ruller tersebut, sebelumnya harus melepas baut yang menempel pada pelindung rooller tersebut.
  • Setelah baut tersebut terlepas, untuk tahap selanjutnya silahkan lepas rollernya.
  • Biasanya untuk melepas Roller agak rumit, saat melepas Roller silahkan putar sedikit demi sedikit pada bagian Gear yang ada pada bagian sisi Kiri body Printer, coba putar ke arah kiri hingga bagian Roller juga ikut berputar, silahkan putar terus hingga bagian Roller yang cembung mengarah keatas lalu tarik Roller sehingga terlepas dari body.
  • Setelah roller dibongkar maka sobat akan melihat sebuah karet yang melingkar, silahkan dilepas karet tersebut lalu pada bagian dasar Karet Roller tersebut silahkan lilitkan dengan menggunakan selotip. Ingat waktu melilitselotip tersebut jangan terlalu tebal karena bisa menyebabkan Roller kandas pada bagian covernya jadi lilitkan secukupnya saja bisa sebanyak 2 sampai 3 lilitan.
  • Silahkan pasang kembali Roller tesebut seperti semula dan pasang lagi ke body Printer dan cek dengan melakukan pencetakan, coba masukkan 2 - 3 lembar kertas jika printer telah mencetak dan kertas yang ditarik itu hanya satu lembar, berarti telah berhasil memperbaiki printer. Bila belum silahkan ulangin lagi mulai dari awal dan tambahkan lagi lilitan pada dasar roller tadi sebanyak 2 buah.
Silahkan dicoba, jika sobat masih ragu ada baiknya meminta pertolongan ke yang sudah ahli. Silahkan dipraktekkan ya!

No comments:

Post a Comment