Kode Error Printer Canon MP145

Hai sobat jumpa lagi nih dengan admin yang senantiasa share informasi menarik untuk sobat. Nah pada kesempatan ini admin akan kembali lanjutkan kode eror Printer Canon MP145 dan cara mengatasinya :

Printer Canon MP145 Error E16
Solusinya tekan tombol resume selama 5 menit
 
Printer Canon MP145 Error E22 (Carriage Error (5100)
  • Carriage unit (main unit)
  • Timing slit strip film
  • Logic board
  • Carriage motor (main unit)
Error ini adalah eror pada hardware jika tidak mempan di reset, coba bongkar printer kemudian cek apakah ada benda asing yg menghambat jalan homekatrik nya. Penyebab E22 biasanya karna home cartridge tidak bisa bergerak sesuai jalurnya, mungkin selang infusnya longgar sehingga membuat home cartridge nyangkut.  Coba lepas infus lalu test print, jika E22 tidak muncul berarti masalahnya ada pada selang infusnya, perbaiki selang infusnya agar tidak menyangkut pada bagian printer lainya.
 
Printer Canon MP145 Error E23 (Paper Feed Error)
E 23 Paper Feed Error (6000) – Timing sensor
  • Timing slit disk film (main unit)
  • Feed roller (main unit)
  • Logic board
  • Paper feed motor (main unit)
Eror ini tak bisa di reset, coba cek hardware bagian penarik kertas, buka chasing printernya, lalu lepaskan scanner pada printernya. Nah disitu akan kelihatan hardware penarik kertasnya, coba cek jika ada yang patah lepas ataupun ada yang longgar diperbaiki pada bagian tersebut atau malah ada kemasukan benda asing. 

Printer Canon MP145 Error E24 (Purge Unit Error)
E 2 4 Purge cam sensor error (5C00) – Carriage unit (main unit)
  • Timing slit strip film
  • Logic board
  • Carriage motor (main unit)
Purge unit error coba cek tempat parkir cartridge , di sudut kanan bawah printer ada bagian untuk membersihkan print head kemungkinan bagian tersebut terhambat benda asing sehingga tidak berjalan seperti biasa, bersihkan bagian tersebut lalu lakukan test print..
 
Printer Canon MP145 Error E26 (Internal Temperature Rise Error)
Internal temperature rise error, eror ini terjadi pada mainboard printer akibat tidak mampu menahan panas. Hati-hati menempatkan printer, jangan biarkan printer di simpan di tempat yang terlalu panas, solusinya coba ganti mainboardnya.

#Printer Canon MP145 Error E28

(Ink cartridge Temperature Rise Error (5200) - Print Head)

Jika ngeprint banyak saat cartridge kosong atau sisa tintanya tinggal sedikit (low ink) akan membuat print head terbakar atau karna cartridge sering di lepas pasang atau juga atau bisa juga karna di simpan di tempat yang panas lalu muncul eror tersebut. Solusinya coba di isi ulang cartridge nya, tunggu beberapa jam kemudian jalankan printer kembali, jika tidak berhasil terpaksa ganti cartridge
 
Printer Canon MP145 Error E42 (Scanner Error)
Scanner error (5010) – Scanner unit
  • Logic board, eror ini ga bisa di reset
Hal ini disebabkan oleh kerja scanner tidak sempurna. Coba bongkar bagian scannernya lalu periksa kabel data (mirip pita lebar dan panjang) rusak cek bagian scanernya kemunkinan ada kabel yg lepas/robek.(kemungkinan besar) Jika iya perbaiki kabel data tersebut, jika tidak periksa bagian yang lainnya terkadang socket power sacnner kurang Pas/kendor.

No comments:

Post a Comment