Cara Memperbaiki Printer Epson DFX 9000 Ribbon Jam

Pagi sobatku masih ketemu lagi nih dengan admin yang senantiasa berikan tips dan cara untuk sobat mengenai printer. Dan pada pagi ini admin akan berikan tips mengatasi ribbon jam pada Printer Epson DFX 9000.
  • Menganalisa error yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian sensor RDA (Ribbon Drive Assembly) atau penggerak pita. Karena Ribbon-nya belum lama diganti, dan biasanya jika sudah diganti Ribbon-nya dengan yang baru, printer akan kembali normal tetapi selang beberapa lama error ini muncul kembali.
  • Setelah dilakukan pengecekan pada bagian sensor RDA (Ribbon Drive Assembly) atau penggerak pita, ternyata tidak ada masalah. Semua komponen berjalan baik kemudian pengecekan di lakukan pada Ribbon Cartridge itu sendiri, ternyata setelah Ribbon di bongkar terlihat pita tersangkut pada Roll penggerak pita.
  • Setelah menganalisa penyebab pita yang tersangkut tersebut, dapat disimpulkan bahwa kerusakan disebabkan karena pita yang terlalu penuh sehingga perputaran pita tidak normal.
  • Untuk itu admin mengganti isi Pita Ribbon Cartridge DFX 9000 tersebut dengan Pita Refill Epson LQ2180 karena pitanya lebih pendek sehingga pergerakan pita akan lancar. Terbukti setelah isi pitanya diganti masalah Ribbon Jam bisa terselesaikan.
Itu lah tips mengatasi ribbon jam pada Printer Epson DFX 9000 yang pernah admin alami dan kemudian dipraktekkan. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment