Cara Mengatasi Brother Error AF

Hai sobat, admin kembali akan share informasi tips bagi pengguna printer. Apakah sobat dirumah menggunakan printer brother yang memakai scanner? Printer Brother yang memakai scanner memang sering mengalami masalah yang salah satu nya error atau scanner tidak berfungsi.

Nah penyebabnya memang banyak sekali, seperti pemakaian yang tidak semestinya atau karena faktor umur dan masih banyak yang lain. Jika scanner nya bermasalah maka printer tidak bisa dipakai dan biasanya juga akan muncul notifikasi error AF atau yang lain pada LCD printer tersebut.  Dan biasanya scanner yang memunculkan bunyi crakk.. crakk

Nah untuk mengatasinya, admin pada kesempatan ini akan share cara mengatasi printer brother yang miliki scanner mengalami error AF. Begini caranya :
  • Masuk menu manitenance dan tekan 32 untuk pastikan error apa yang sebenarnya ter-register pada sistem printer. 
  • Coba matikan printer dengan mencabut kabel power printer lalu colokkan kembali kabel power  dan ketika printer menyala coba perhatikan apakah ada suara dari scanner tersebut, apabila suara abnormal berarti masalah  ada pada scanner.
  • Selanjutnya lepaskan scanner dari printer, berhati-hatilah karena Flat cable sacanner sangat harus diperhatikan dan disinilah letak permasalahan paling banyak di scanner.
  • Jika sudah dilepaskan coba perhatikan Flat Cable ny seperti gambar dibawah ini:
  •  Lalu pindahkan bagian yang akan tersentuh langsung ke Main PCB printer dengan cara memotong bagian yang rusak, seperti pada gambar ini:
  • Bila bantalan biru sudah dipindahkan, kemudian potong bagian yang rusak dengan hati-hati agar potongan rapi dan pas saat dimasukkan ke soket connektor nya
  • Lalu lepaskan plastik yang menyelimuti tembaga pada Flat Cable, sobat bisa gunakan solder, carter, atau apa saja yang penting tembaga nya bisa dikeluarkan dari palstik yang menyelimutinya. Nah disini dibutuhkan kejelian dan kehati-hatian 
  • Apabila sudah selesai, rakit kembali printernya dan coba nyalakan kembali.
Semoga dengan melakukan cara diatas maka error pada printer brother yang memiliki scanner bisa teratasi. Selamat mencoba dan semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sobat ya.

No comments:

Post a Comment