Tips Merawat Printer Canon Dengan Baik dan Benar

Printer memang sangat diperlukan dalam pekerjaan kantor ataupun bagi yang masih bersekolah. Bagi para pekerja kantor pastinya printer ini untuk mencetak dokumen kantor, begitu juga oleh orang yang masih bersekolah biasanya untuk mencetak tugas atau skripsi.

Supaya printer awet dan tahan lama pastinya kita harus merawat printer dengan baik pula agar tidak cepat rusak. Lalu bagaimana cara merwatnya dengan baik dan benar? Pasti bagi yang memiliki printer sudah tau caranya!
- Menjaga Kebersihan Printer
Ketika selesai memakai printer jangan dibiarkan printer terbuka, selalu tutup printer dengan pelindung (cover) plastik agar kotoran serta debu tak menempel ke printer.

- Menggunakan Printer dengan teratur secara berkala, minimal 1 kali pemakaian dalam seminggu
Printer yang terlalu lama tak dipakai maka akan berakibat pada kebuntuan pada Nozzle karena tinta kering yang tak mengalir, ini disebabkan karena diameter nozzle yang sangat kecil. Untuk itu penggunaan printer secara berkala dan teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle yang mana sebagai tempat keluarnya tinta. Jika terjadi hal tersebut maka berakibat kerusakan pada head catridge yang harganya hampir sama dengan Printer itu sendiri.

- Pengisian Tinta
Segeralah isi tinta printer jika habis, agar head catridge printer yang digunakan menjadi awet dan tahan lama.

- Matikan printer secara benar yakni menekan tombol power
Menekan tombol power ketika mematikannya, maka printer secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum kembali (parkir) di tempatnya. Ini juga agar head catridge selalu bersih serta terjaga dari kebuntuan. Jangan biasakan mematikan printer dengan cara langsung mencabut kabel power.

- Hindari penggunaan kertas yang telah berdebu dan kotor
Ketika menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kerta akan jadi kotor. Maka bisa jadi lama kelamaan akan aus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.

No comments:

Post a Comment