Tips Menghemat Tinta Printer

Ketemu lagi di printeroid.blogspot.com yang akan share informasi menarik seputar printer. Printer memang digunakan untuk mencetak entah dokumen atau gambar. Jika mencetak hingga ratusan dokumen tentu tinta akan boros apalagi jika dokumen berupa gambar yang membutuhkan tinta banyak.

Belum lagi jika dokumen yang dicetak salah tentu tinta akan terbuang sia-sia bukan. Nah, admin berikan tips menghemat tinta printer :

- Lakukan Print Preview
Ini berguna untuk melihat hasil cetakan sebelum dicetak guna mencegah pencetakan ulang karena kesalahan. Jadi teliti dulu sebelum mencetak agar tak salah cetak.

- Seleksi Dokumen
Bila mencetak sebuah dokumen yang berisikan berbagai paragraf yang saling berhubungan dan hanya ingin cetak sebagian alinea dari paragraf, lakukan pengaturan seleksi dokumen. Ini untuk menghemat tinta agar sesuai dengan kebutuhan.
Cara : aktifkan opsi Print Selection maka teks yang tercetak hanya sesuai dengan yang telah diseleksi.

- Pilih Grayscale
Mengatur warna pada tahap sebelum pencetakan, pilih warna dari hitam solid ke grayscale bisa menghemat tinta untuk mengatur warna cetakan dari hitam pekat menjadi keabu-abuan yang sudah pasti menghemat tinta printer.

- Pakai mode ‘draft’ atau ‘ekonomi’

Jika dokumen yang akan dicetak belum termasuk pada tahap akhir, gunakan mode ‘draft’ atau ‘ekonomi’ bisa menghemat tinta dan proses pencetakan lebih cepat serta tulisan lebih cepat kering.

- Tetap pada kondisi ‘ON’

Cara ini dilakukan ketika memakai printer kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama, karena dari pada sedikit-sedikit menghidupkan dan mematikan printer justru membuat tinta semakin boros. Karena dalam proses inisialisasi setiap kali dihidupkan akan mengonsumsi tinta, meskpun sedikit. Bila dilakukan berkali-kali bisa jadi banyak.

- Perhatikan Jenis Font
Gunakan huruf yang tipis saat membuat ketikan seperti Arial, Courier, Calibri atau Times New Roman. Sehingga tinta lebih hemat dan tulisan tidak terlalu tebal.

- Cek Cartridge
Bila kondisinya sudah kering atau bocor, meski diisi dengan tinta baru hasilnya pun tak akan baik. Sebaiknya segera ganti cartridge dengan yang lebih baik.

Semoga sajian informasi diatas dapat bermanfaat!

No comments:

Post a Comment