Cara Mengatasi Run Out/Tinta Habis Pada Printer Canon


Siang sobat, jumpa lagi dengan admin yang akan share informasi seputar printer. Run out atau tinta telah habis pesan error ini terjadi karena cartridge yang digunakan adalah cartridge original yang masih penuh indikatornya, jadi ketika indikator mulai habis printer akan memberikan pesan error ini kepada pengguna. Semua jenis printer inkjet dengan merk Canon pasti akan mengalaminya apapun serinya.

  • Tekan dan tahan tombol Resume atau tombol Stop/Reset (tombol yang nyalanya warna orange) agak lama sekitar 10 detik hingga tombol ON ( warna hijau ) berkedip atau flash kemudian lepaskan tombol Resume.
  • Pada saat tombol Resume dilepas, lampu orange akan berhenti berkedap-kedip dan hanya lampu hijau yang akan menyala lalu bukalah cover printer 
  • Tunggu hingga catridge berpindah ke tengah.
  • Lepas catridge lalu periksa cartridge karena akan ada kemungkinan tinta di dalam cartridge sudah habis. Jika tinta sudah habis, isi tinta cartridge dengan cara disuntik isi tinta kurang lebih 4ml.
  • Taruh kembali cartridge dan lakukan tes print untuk melihat hasilnya
Catatan : Pada beberapa kasus, admin hanya lakukan cara nomor 1 saja dan printer sudah bisa digunakan kembali. Namun, lebih baiknya jika sobat memeriksa juga bagian catridge nya apakah sudah habis atau belum karena bila printer dipaksakan mencetak dalam kondisi tinta habis akan menyebabkan kerusakan pada chip cartridgenya.

No comments:

Post a Comment