Cara Membersihkan Head Epson R230x

Siang sobatku, masih ketemu lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar printer. Nah, apakah sobat tau bagaimana cara head cleaning pada Epson R230? Ketika pembersihan atau cleaning itu berproses, maka tinta yang ada di cartridge printer atau di botol tinta infus akan dipompa sehingga tersedot dan mengalir melalui pipa-pipa atau lubang kapiler yang ada di head printer. Akibatnya kotoran yang masih dalam skala kecil dan belum menumpuk jadi besar dan keras atau gelembung udara yang ada akan ikut mengalir bersama tinta yang terpompa tersebut. Sehingga pada akhirnya aliran tinta tidak mampet alias tetap mengalir kontinyu. Maka hasil cetak foto yang keluar dari mesin print jadi tidak putus-putus sehingga menghasilkan cetakan dengan warna yang sempurna.

Fungsi dari head cleaning adalah memiliki kegunaan menjaga kontinuitas tinta printer dari botol tinta infus sampai ke head printer Epson. Guna head cleaning yakni sebagai salah satu upaya mengatasi hasil cetak foto yang bergaris-garis atau putus-putus. Head cleaning secara manual sebenarnya kebiasaan orang-oang untuk perawatan atau pemeliharaan rutin sebagai langkah pencegahan terhadap head printer buntu atau mampet. Jika head sudah rusak dan macet maka harus beli baru sedangkan harganya sangat mahal.

Nah untuk itu rajinlah dalam merawat printer dan admin akan berikan tips cara head cleaning pada Printer Epson R230. Silahkan disimak dan dicoba!
  • Hidupkan printer Epson Stylus Photo R230 atau R230x 
  • Klik Start >> Control Panel >> pilih  Printer and Faxes >> Epson R230.
  • Klik Select Printing Prefference pada kotak Printer Task yang ada pada sisi kanan dari  window atau bisa juga Klik kanan pada Epson R230 lalu pilih Printing Prefferences.
  • Pilih Tab Maintenance sehinga muncul kotak dialog seperti ini.

  • Lalu pilih Head Cleaning seperti terlihat pada gambar di atas yang saya beri tanda lingkaran warna merah serta anak panak warna merah, maka akan muncul kotak dialog seperti ini.
 

  • Pilih start seperti pada gambar di atas yang saya tandai gambar anak panah warna merah maka mesin print ini akan melakukan head cleaning dan silahkan tunggu proses pemompaan tinta printer hingga selesai.
Head cleaning Printer Epson Stylus Photo R230x pada khususnya dan Cleaning printer Epson pada umumnya sebenarnya berlangsung secara otomatis meski tanpa kita perintah dengan langkah cleaning seperti  dituliskan di atas. Yaitu ketika printer di on-kan atau dihidupkan/aktifkan.  Jadi semakin sering printer dihidupkan dan dimatikan maka semakin sering pula printer lakukan head cleaning otomatis, namun ingat jika sering menghidupkan dan mematikan printer epson maka resikonya akan boros dalam pemakaian tinta.

No comments:

Post a Comment