Tips Memperbaiki Printer HP 1020 Tidak Bisa Print

Printer laser memang banyak digunakan instansi swasta/pemerintah serta perusahaan-perusahaan dikarenakan printer laser memiliki kelebihan dari hasil cetak yang cepat dan jarang sekali mengalami kerusakan. Namun tidak menutup kemungkinan jika printer laser bisa rusak karena kesalahan pemakai, tidak stabilnya tegangan listrik, kerusakan dikarenakan hal-hal lain dan kerusakan yang biasanya terjadi pada printer laser di bagian pemanas heater, roller, fuser dan sensor-sensornya.

Kerusakan Printer laserjet tidak bisa mencetak atau printing disebabkan :
  1. Paperjam
  2. Toner
  3. Roler Presure,
  4. Pemanas Heater
Bagian Pemanas atau hitter :
  • Hitting yaitu batangan untuk menempatkan "hitting element" yang berisi Resistor pengatur panas pada hitter. Jikka R nya rusak atau putus maka printer tidak bisa warming upp ketika printer dinyalakan.
  • Hitting Element yakni keramik tipis panjang guna alirkan panas yang dipakai untuk menempelkan serbuk toner pada kertas. Bila hitting element ini rusak serbuk toner tidak mau lengket pada kertas.
  • Film atau fuser film yaitu lapisan teflon yang melapisi hitting, bila film ini rusak biasanya kertas tidak akan ditarik keluar jika keluar biasanya hasil cetakan tidak normal atau kertas berkerut
  • Lower preasure, untuk laser 1000s warna hitam dan untuk 1010s warna merah. Roll bantalan dari spon berlapiskan plastik tahan panas, bila bagian ini rusak biasanya kertas tidak akan keluar, setengah jalan kertas berhenti dan printer tidak akan bisa mencetak lagi seperti paper jam.
Cara perbaiki dan atasi masalah kerusakan printer HP laserjet 1020
  • Lepaskan semua kabel yang terhubung dengan printer, kabel listrik dan kabel USB
  • Buka baut yang ada di bagian belakang printer dengan memakai obeng
  • Buka penutup printer bagian kanan dan kiri.
  • Keluarkan toner dari printer dan buka baut yang ada dibagian atas penutup cover printer.
Pengalaman perbaiki printer HP Laserjet 1020 yang tidak bisa mencetak atau printing disebabkan  masalah dibagian heating, seperti roler, dan konektornya. Maka buka printernya dan periksa kerusakan mungkin terjadi disebabkan seperti asumsi kerusakan diatas, pada printer laserjet 1020 tidak terlalu banyak baut yang harus di buka langkahnya :
  • Buka beberapa baut yang ada dibagian belakang dengan berlahan, lalu lepaskan kedua penutup kanan dan kiri printer dengan cara mendorong kedepan karena di bagian depannya ada klip yang menempel ke casis printer pengganti bautnya, setelah kedua penutup kanan dan kiri dilepas keluarkan toner.
  • Periksa di bagian pemanas (heater dan roller preaseure)

1 comment:

Post a Comment