Tips Mengatasi Paper Jam & Kertas Berkerut Pada Printer Laser

Siang sobat, jumpa lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar tips untuk pengguna printer. Nah apakah sobat dirumah pernah mengalami paper jam dan kertas berkerut pada printer? Begini cara mengatasinya!

*Paper Jams (Kertas Terjepit)

Paper Jam merupakan salah satu masalah yang ering terjadi pada printer termasuk printer jenis laserjet. Printer mengalami paper jam disebabkan karena: kotor, jenis kertas yang dipakai salah atau roller yang menggerakan kertas rusak.

Solusi:

Bila mengalami paper jam, bukalah penutup printer dan coba untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut dengan cara menarik kertas keluar searah dengan arah keluarnya kertas. Bersihkan dan lap permukaan ban penggulung atau roller serta sisi-sisi dalam mesin menggunakan kain yang lembut atau tissue.

*Kertas hasil cetak berkerut atau keriting.

Penyebab kertas hasil cetak berkerut atau keriting bisa jadi karena pengait pada penggulung kertas yang sudah tua dan ukuran kertas yang tak sesuai pemasangan sensor batas pencetak bisa juga jadi penyebabnya. Begitu juga kertas yang lembab atau tak betul-betul kering bisa jadi penyebab kertas berkerut. Biasanya juga ada pada permasalahan sbb :
  • Fuser film robek ini terjadi karena kemasukan barang seperti : isi staples, trigonal clips yang biasa dijumpai ketika aktivitas kerja, terkadang karena sibuknya aktivitas kerja user tidak sadar saat memasukkan kertas untuk diprint, bisa saja bukan isi staples atau trigonal clips yang biasa masuk kadang benda-benda kecil juga sering masuk, untuk itu perlu menjaga kebersihan di sekitar Printer laserjet yang memungkinkan ada benda-benda kecil isi staples dan trigonal clips.
  • Pressure Roller berkerut / robek ini sama halnya dengan fuser film karena kedua barang tersebut tidak bisa terpisahkan dan menjadi satu tempat seperti gambar (Fuser Assembly)
Solusi :
Bila mengalami permasalahan kertas berkerut atau keriting, coba untuk menyesuaikan ukuran kertas dengan path pengait-penggulung dan usahakan gunakan kertas yang mulus dan bersih atau bisa juga untuk mengecek pada sparepart yang telah di jelaskan diatas, kedua sparepart tersebut bisa dijumpai ditoko service printer yang berpengalaman dalam menangani masalah diatas.

No comments:

Post a Comment