Mengetahui Kerusakan Printer Dari Blink Lampu

Siang sobatku, jumpa lagi dengan admin yang akan share informasi seputar printer. Nah admin akan berikan tips mengenali kedip lampu Printer Canon Pixma IP. Printer yang paling banyak digunakan salah satunya adalah buatan Canon type IP. Sebelum sobat membawanya ke tukang service, ada baiknya  sobat mengetahui indikasi kerusakan melalui lampu indikator yang ada di printer. Lampu berwarna hijau dan oranye.

Printer Canon IPxxxx akan memberikan sinyal ika terjadi masalah melalui lampu indikator tersebut. Lampu indikator akan memberikan sinyal ketika misalnya cartridge rusak atau mekanik printer trouble dan sebagainya. Berikut ini tips cara mengenali arti kedip printer canon type IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980 :

Kedip 7 kali hijau, Kedip 7 kali oranye berkedip bergantian
Waste Ink Pad Full / Ink Absorber Full. Printer memerlukan reset menggunakan software general tool resetter atau Ip Tool. 

Kedip 3 kali Oranye, Kedip 1 kali hijau

Terjadi masalah di mekanik printer, sebaiknya hubungi tempat service printer terdekat kecuali ingin mencoba memperbaikinya sendiri.

Kedip 4 kali oranye, Kedip 1 kali hijau

Printer absorber full (Waste Ink Pad Full), printer memerlukan software resetter menggunakan software general tool resetter.

Kedip 5 kali oranye, Kedip 1 kali hijau

Cartridge Color atau black bermasalah, bisa timbul karena konektornya kotor atau chip IC rusak. Silakan  bersihkan terlebih dulu menggunakan penghapus pensil konektor yang ada di cartridge dan coba pasang kembali. Bila masih tidak bisa maka gantilah cartridge yang baru

Kedip 7 kali oranye, Kedip 1 kali hijau

Ada indikasi cartridge yang warna rusak, biasanya terjadi pada printer Canon IP1980 blink 7 kali oranye 1 kali hijau. Solusinya ganti Cartridge warna, kerusakan Cartridge disebabkan oleh beberapa hal misalnya chip IC rusak, kotornya konektor atau penyebab lain. Coba terlebih dulu membersihkan konektor sebelum melakukan penggantian cartridge.

Kedip 8 kali oranye, Kedip 1 kali hijau

Indikator bahwa Ink tank full, printer perlu di reset menggunakan general tool resetter.

Kedip 14 kali / Kedip 15 kali oranye, Kedip 1 kali hijau
 
Kemungkinan cartridge hitam harus diganti, cobalah terlebih dulu membersihkan konektor cartridge karena kemungkinan kotor sehingga koneksinya tidak lancar.

Semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat bagi sobat dan bisa menambah wawasan ya!

No comments:

Post a Comment