Cara Memperbaiki Cartridge Inkjet

Cartridge printer Canon dan HP pada dasarnya mempunyai kemiripan dalam sistem kerja, dari mulai tekstur dan cara pemasangan tinta, hanya saja cartridge Canon tidak bisa di pasang pada printer HP maupun sebaliknya.

Masalah yang timbul pada cartridge biasanya tidak terdeteksi oleh printer atau tinta tidak keluar dengan normal atau tidak keluar sama sekali. Biasanya bila pengguna printer mengalami masalah diatas, mereka tidak mau pusing untuk mengakali apabila cartridge yang biasa digunakan mengalami masalah tinta tidak keluar, lebih baik mengganti dengan yang baru. Padahal sebelum menggantinya dengan yang baru, alangkah baiknya mencoba dengan tips ini :
  • Siapkan air hangat ( jangan terlalu panas suhunya karena akan menyebabkan head printer rusak)
  • Siapkan tempat untuk menyimpan air hangat
  • Siapkan cartridge yang tidak keluar tintanya, cari bagian head ( tempat keluarnya tinta, biasanya terbuat dari kuningan dan berwarna kuning)
  •  Kain halus / Tissu
  • Celupkan bagian head ke dalam air hangat selama beberapa menit sampai tinta yang kering mencair (Goyangkan sebentar) 
  • Lalu keluarkan dan tempelkan head Cartridge pada kain halus yang sudah di sediakan (perhatikan apakah tinta sudah keluar dengan normal bila belum ulangi beberapa kali proses di atas), perhatikan juga keadaan air jika dirasa air sudah kotor / keruh segera ganti air hangat tersebut.
  • Apabila masih kurang maksimal keluar tintanya, silahkan bantu dengan meniup cartridge pada lubang yang biasa digunakan untuk mengisi tinta dengan menggunakan suntikan kosong
  • Jika lihat tinta yang mengering sudah bersih dan hilang, segera keringkan cartridge dari air bekas merendam tadi dan lap cartridge tersebut dengan tissu atau lap halus, hal ini bertujuan agar tidak ada konslet cartridge ke printer karena bila air masih nempel pada bagian pin cartridge akan menimbulkan konslet dan hal ini bisa berakibat cartridge tidak bisa kebaca oleh printer. 

Nah gambar diatas menunjukan hasil cartridge yang sudah melalui tahap perendaman, semua warna keluar dengan normal dan cartridge siap digunakan kembali.

No comments:

Post a Comment