Jenis-Jenis Kerusakan Pada Printer Brother

Siang sobatku masih ketemu lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar printer. Bagi pengguna printer pasti tidak pernah luput dari pesan atau Kode Error pada layar display printer ataupun layar komputer. Entah itu kertas nyangkut, tinta habis, ataupun masalah yang lebih berat lain seperti print head rusak, cartridge tidak terbaca, dan lain-lain.


Pada printer Brother, admin akan bagikan arti dari kode-kode error tersebut. Biasanya kode-kode error tersebut di mulai dengan kata-kata seperti: unable to print XX, unable to init XX. Tabel di atas menandakan segala kode error dan penjelasan arti dari error masing-masing. 
 
Kode: 30,31,32,33,34,35,36,37,38,39,3C,3F
Masalah: Paper Jam alias kertas sangkut. Bisa saja sudah mengeluarkan kertas yang sangkut dan tetap menemukan kode ini artinya masih ada sisa sobekan kertas yang tertinggal di dalam, entah itu di roller, di bawah head, atau bagian belakang printer. Buka scanner cover lalu buka back cover, gunakan senter untuk melihat lebih teliti di sekelilingnya. Jika ada kertas sangkut, silahkan di cabut dengan hati-hati dan pelan tanpa merusak part di dalamnya. 

Kode: 40,42,43,44 
Masalah: Temperatur di dalam printer terlalu tinggi, alias PANAS. Bisa saja terjadi jika sobat baru saja membawanya dari luar atau berjemur di dalam mobil di siang hari, dan langsung membawanya ke kantor untuk print. Solusinya buka saja cover-covernya dan biarkan dingin beberapa saat lalu matikan dan coba kembali
 
Kode: 46
Masalah: Tangki pembuangan tinta sudah penuh dan perlu penggantian gabus penahan tinta. Masalah ini bisa di atasi dengan reset. Dan untuk lebih awet, absorber pad di dalamnya harus di ganti biar tidak banjir suatu hari nanti dan merusak printer.

Kode: 48, 4F
Masalah: Ada masalah pada print head antara Print head rusak, konslet, sangkut alias tidak bisa bergerak. Ketika menemui masalah ini, disarankan untuk bawa ke tempat servis atau toko komputer terdekat untuk di test lebih lanjut. Cara pengecekan ringkasnya yang dapat dilakukan di rumah : coba di buka covernya, cek di sekitar print head apakah ada yang menganggu pergerakan print head atau apa yang terjadi sebelum error ini keluar? Dari sana bisa lebih di identifikasi kemungkinan punya masalahnya dan apa yang sebenarnya terjadi. Kemungkinan masalah bisa saja ketika paper jam, langsung menarik kertas secara paksa yang secara tidak sengaja menggores print head, atau ada anak mata kelip yang jatuh ke dalam printer atau benda asing lainnya yang merusak print head.

1 comment:

Post a Comment