Cara Memperbaiki Printer Epson L210 Mati Total





Hai sobatku masih ketemu lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar tips untuk pengguna printer. Nah pada kesempatan ini admin akan berikan tips cara memperbaiki printer epson L210 mati total. Indikasi awal printer ini mati total adalah saat dihidupkan printer tidak mau menyala.  


Penyebab printer ini mati total karena berbagai hal yang salah satunya adalah terjadi korsleting yang biasanya dikarenakan printer menyala dalam keadaan yang cukup lama. Bisa karena adaptor atau regulator mati atau tegangan yang keluar bermasalah. Selain itu juga karena mainboardnya bermasalah akibat korsleting sehingga  perlu membongkarnya lebih dulu agar tahu apa masalah printer mati total.
  • Cara memperbaiki printer epson L210 mati total pertama adalah membongkar printer yaitu dengan membuka tutupnya dan angkat mainboardnya.
  • Cek dioda yang memiliki kode D1 pada board setelah diukur dengan tester. Dioda merupakan komponen aktif yang memiliki 2 terminal yang melewatkan arus litrik hanya satu arah.
  • Setelah itu cek transistor yang memiliki kode Q1 dan Q2. Transistor merupakan penguat arus sehingga transistor dapat dipakai untuk rangkaian power supply dengan tegangan yang telah diset.
  • Terakhir cek IC power yang memiliki kode IC6. Jika iC powernya yang mati maka hanya perlu mengangkat IC power yang mati tersebut dan printerpun kembali hidup.
  • Bila dioda yang ada di board printer bermasalah setelah dicek dengan AVO meter dan ternyata diodanya yang korslet maka tinggal mengganti dioda  biasa 1-2 Ampere.
Memang mudah dan sepele namun untuk memperbaiki masalah mati total harus berhati-hati karena berhubungan dengan arus listrik dan rangkaian kabel-kabel. Semoga bermanfaat!

1 comment:

Post a Comment