Cara Mengatasi Printer Brother MFC-5910DW Error 48

Apakah sobat dirumah memiliki jenis Printer Brother MFC-5910DW? Printer ini merupakan printer multi fungsi yang sudah didukung ADF sehingga pengguna bisa melakukan Scanning dengan Auto Feeder begitu juga untuk copy dan fax.


Printer ini juga mendukung print tanpa kabel dengan dukungan Wi-Fi, bisa mencetak dua sisi atau sering di sebut duplex. Meski memiliki banyak kelebihan namun printer ini juga sering alami error. Yakni Error 48 yang sering terjadi apa bila kita sudah memasang infus dan memodifikasi cartridge atau cartridgenya sudah tidak original lagi. Berikut ini cara mengatasinya!
  • Maintenance Mode adalah memasuki sistem dari printer tersebut. Caranya tekan tombol MENU kemudian tekan tombol * + 2 + 8 + 6 + 4 secara cepat atau jika mau cepat cabut kabel power tanpa mematikan printer sebelum nya kemudian tekan tombol MENU tahan dan  masukkan kabel power tanpa melepaskan tombol MENU.
  • Tekan 32 lalu perhatikan apa intruksi selanjut nya yang ditampilkan pada LCD printer.
  • Jika tidak ada yang di intruksikan maka pengguna harus membongkar printer tersebut, perhatikan saat membongkar harus sangat hati-hati karena printer ini memiliki banyak sensor jadi jangan sampai merusak yang lainnya.
  • Cek yang pertama Enkoder, apa ada bercak tinta atau sesuatu yang membuat enkoder nya kotor. Jika iya maka coba bersihkan dengan hati-hati dan bila tidak silahkan ketahap selanjutnya.
  • Buka Mini PCB yang ada pada bagian atas dari print head nya, coba perhatikan pada sensor  apa ada bercak tinta atau ada kotoran, jika ada bersihkan. Untuk bagian sensor ini harus sangat hati-hati karena bagian ini sangat sensitif. Ada dua sensor, yang pertama sensor enkoder terlihat pendek dan yang kedua sensor kertas, ini yang sering bermasalah. Sselain error 48 juga  menyebabkan paper Jam jika kotor atau bocor.
  • Yang terakhir print head maka sobat harus menggantinya tanpa bisa di repair.
Oke sobat semoga informasi mengenai printer diatas bermanfaat bagi sobat ya!

No comments:

Post a Comment