Tips Menghemat Tinta Pada Printer

Printer memang jadi salah satu hal yang juga penting bagi anak pelajar karena biasanya banyak sekali tugas dari sekolah maupun kampus yang harus dicetak. Jika mencetak ditempat rental tentu sangat mahal jika banyak maka solusinya biasanya memakai printer sendiri.

Penggunaan tinta printer ini juga boros apalagi jika dibuat mencetak tulisan yang berwarna tebal. Nah admin akan tips bagaimana menghemat tinta printer.


Lakukan Print Preview 
  • Print preview sebelum mencetak dokumen memang sangat penting agar kita bisa mengecek apakah masih ada kekeliruan dalam dokumen yang akan kita cetak, jadi bisa hemat tinta dan kertas karena tulisan sudah benar.
Pakai Jenis Font Yang Hemat Tinta
  • Karena banyak sekali jenis font yang ada pada komputer maka pilih font yang berjenis tipis karena otomatis font berjenis tipis butuh tinta yang lebih sedikit dibanding font dengan bentuk tebal
Gunakan Mode DRAFT
  • Bila menggunakan mode ini untuk melakukan pencetakan maka bisa menghemat banyak waktu dan biaya karena mode draft bisa ercepat proses pencetakan yang dilakukan. Karena mode ini menjadikan jenis font yang dipakai berubah jadi font jenis tipis dan secara lansung akan menghemat penggunaan tinta printer. Untuk mengaktifkannya pilih Properties >> Printing Shortcut >> Print Quality >> Fast Draft pada kotak dialog Print..
Tingkatkan Kecerahan Gambar
  • Ketika lakukan pencetakan dokumen, tidak selalu mencetak dokumen dalam bentuk teks saja namun bisa juga file gambar yang butuh lebih banyak tinta. Untuk  itu perlu memperbesar tingkat kecerahan gambar yang akan dicetak karena gambar yang lebih cerah akan membutuhkan tinta printer lebih sedikit daripada gambar gelap atau solid.
Mode Grayscale
  • Menggunakan mode grayscale (abu-abu) jadi tulisan dengan warna hitam solid akan diubah menjadi warna abu-abu dengan memakai mode grayscale ini sehingga penggunaan tinta warna hitam bisa lebih hemat lagi.
Cetak Beberapa Dokumen Dalam Selembar Kertas
  • Mencetak beberapa dokumen sekaligus dalam satu lembar kertas. Ini bisa kita lakukan apabila ingin mencetak dokumen yang bukan untuk tugas atau hanya untuk dibaca sendiri maka menggunakan cetak dokumen dalam satu kertas sangat membantu. Misalnya jika biasanya mencetak empat dokumen gunakan empat lembar kertas maka untuk hemat tinta dan kertas bisa cetak empat dokumen dalam satu lembar kertas atau jika terlalu kecil bisa mencetaknya  jadi dua lembar kertas, sobat hanya mengubah pengaturan pada menu print pilihlah opsi 2 pages per sheet. mudah bukan.
Jika saja ada tugas yang mengharuskan mencetak dengan satu dokumen satu lembar dan menggunakan tinta digambar yang cerah maka tak apa dilakukan namun bila hanya untuk dibaca sendiri maka hematlah!

No comments:

Post a Comment