Ciri-Ciri Cartridge Printer Canon Rusak

Hai sobat masih jumpa lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar printer. Cartridge adalah komponen utama dari sebuah printer jika cartridge rusak maka printer tidak bisa mencetak. Tak heran jika harga printer itu sangat mahal bisa sseparuh dari harga printer.

Untuk itu sobat perlu merawat cartridge, jika printer jarang dipakai maka cartridge ini juga akan rusak karena tinta didalamnya akan mengering maka dari itu perlunya merawat cartridge. Begini ciri-ciri cartridge printer canon yang rusak!

 
Test Print Kurang Bagus
  • Apabila melakukan print out terlihat hasil cetakan buram, bergaris atau terputus-putus maka bisa jadi salah satu indikasi cartridge mengalami gangguan. Penyebabnya bisa karena tinta kering atau kotoran dalam cartridge yang menghalangi keluarnya tinta sehingga hasil cetakan tidak normal. Ini memang sering terjadi namun sobat tidak perlu langsung membongkar printer karena cukup lakukan head cleaning pada sofware maksimal 3 kali kemudian coba lakukan test print lagi. Jika hasil telah normal maka ini hanya masalah ringan yang terjadi.
Test Print Warna Tidak Normal
  • Pada printer Canon, cartridge biasanya terdiri dari 2 buah yakni cartridge tinta hitam dan warna Apabila cetakan selain warna selain hitam dan terlihat hasil tidak normal maka menandakan cartridge warna bermasalah. Cartridge warna memang terkadang tidak sesering cartridge hitam dalam penggunaannya sehingga membuatnya lama tidak digunakan dan menyebabkan tinta mengering. Cartridge warna terdiri dari 3 warna yaitu biru, merah dan kuning. Solusi yang bisa dlakukan terlebih dulu untuk mengatasi masalah ini dengan melakukan settingan ke High.
Cartridge Tidak Terdeteksi
  • Jika printer canon sobat lama dipakai dan cartridge tidak terdeteksi maka ini ciri-ciri cartridge printer Canon rusak. Coba untuk merendam bagian head cartridge terlebih dahulu menggunakan air hangat atau head cleaner selama seharian lalu lakukan isi ulang dan test print, bila setelah cara ini tidak berhasil juga maka cartridge harus segera diganti dengan yang baru.
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi sobat dan simak info lainnya ya!

No comments:

Post a Comment