Cara Mengatasi Print Spooler Service Not Running

Pernahkan sobat mengalami masalah pada printer dimana terjadi error Print Spooler Service Not Running pada system operasi windows? Ini disebabkan aktivitas service print spooler pada windows yang tidak jalan atau tidak aktif. Pada umumnya print spooler tidak aktif disebabkan system operasi yang crash dan adanya file-file yang bersangkutan terhapus oleh user atau kerjaan virus. Pada beberapa kasus penyebabnya adalah virus yang masuk pada system registry windows sehingga printer tak ada respon apa-apa saat melakukan print.  


Nah langkah awal apabila printer sobat tidak bisa ngeprint dan printernya sudah dipastikan bagus, maka sobat bisa lakukan reinstall driver printer tersebut dan biasanya permasalahan langsung bisa diatasi.
  1. Klik start >> run >> ketik services.msc
  2. Buka Print Spooler >> klik kanan >> pilih properties
  3. Pada pilihan startup type pilih automatic >> start.
Dengan lakukan langkah diatas semua service di windows telah jalan termasuk printer sehingga untuk add printer baru sudah bisa. Namun apabila virus menghapus file-file yang diperlukan seperti winspool.drv, winspool.exe, spoolss.dll, folder spool, spoolsv.exe maka harus tambahkan file tersebut ke system32 pada windows yang kemudian dilanjutkan melakukan langkah 1 hingga 3 sebagaimana yang dijelaskan diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi sobat dan bisa menambah wawasan!

No comments:

Post a Comment